Walkthrough Dragon Warrior VII (PS1)
Setelah memasukkan nama karakter (yang selanjutnya akan saya sebut Hero), akan ada sedikit CG movie, lalu kamu akan memulai game dengan adegan Hero dan Maribel di pantai. Pilih yang mana saja, lalu Maribel akan pergi. Manfaatkan kesempatan ini untuk membiasakan diri dengan kamera, dan fungsi tombol-tombol di joystick. Berkelilinglah, lalu setelah puas, masuk ke rumah di sebelah kiri (rumahmu) untuk tidur.
Review Game
Pagi harinya, ibumu akan membangunkanmu dan memintamu ke pelabuhan. Pergi ke pelabuhan dan bicaralah dengan ayahmu. Turun ke dek, dan kamu akan melihat Maribel di antara tong-tong. Singkirkan satu tong (tekan segitiga) dan bicaralah dengannya. Koki kepala akan muncul dan mengusir Maribel. Naiklah dan kapal akan berangkat. Cobalah pulang ke rumah. Seorang prajurit akan mendatangimu dan memintamu datang ke istana. Setelah itu Maribel akan memintamu mengajaknya serta. Keluarlah dari kota dan berjalanlah ke barat laut, ke Estard.
Sesampainya di Estard, Maribel akan memisahkan diri. Berkelilinglah untuk mendapat info tentang Hondara, biang onar yang ternyata adalah pamanmu. Di ujung timur kota (belakang rumah Hondara) ada tangga yang menuju rumah 'Crazy Old Man On The Cliff'. Kamu tidak perlu ke sana sekarang, tapi kalau iseng, silakan saja. Setelah puas keliling, pergilah ke istana. Naiklah ke lantai paling atas. Raja akan menyambutmu dan menginterogasi apakah kau menyembunyikan sesuatu darinya. Pilih yang mana saja, lalu kamu bebas mau keliling di istana atau langsung kembali ke Fishbel.
Note: di sebelah selatan Estard (barat desamu) ada rumah Lumberjack, orang yang bisa bicara dengan binatang. Temui dia sekali-sekali, karena nanti kamu akan butuh bantuannya.
Di desa, bicaralah pada ibumu dan seorang pria di dermaga. Dia akan memberikan pesan dari Kiefer yang menunggumu di tempat biasa. Save kalau mau (di gereja), lalu ke luar dari desa dan pergilah ke utara. Masuki ruins yang ada di sana dan temui Kiefer di bilik yang ada patung anehnya. Dia akan memberikan sebuah ancient document dan menuyuhmu melihatnya. Turuti kemauannya, lalu akan ada sedikit event dimana ide Kiefer menggunakan cincin kerajaan pada patung itu gagal. Kembali ke desa, lalu temui Maribel. Dia akan menyarankan Hero untuk menemui orang di toko item. Temui dia, dan dia akan ganti menyarankan menemui 'Crazy Old Man On The Cliff'. So, pergilah ke Estard dan temui dia. Ingat! Jangan jual ancient scrollmu padanya. Dia akan setuju untuk mengartikannya.
Berikutnya, pergilah ke rumah Hondara dan bicara pada-nya. Dia akan menjatuhkan 'Hot Stone'. Ambil, lalu pergilah ke sudut kanan bawah kota. Bicara pada salah satu wanita yang berdiri dekat sumur. Akan ada kilauan cahaya dari dalam sumur. Periksa sumur itu, lalu turunlah, Di bawah, kamu akan menemukan sebuah mutiara.
Sekarang pergilah lagi ke Forbidden Zone. Coba taruh mutiara atau Hot Stone tadi di atas patung. Dan kamu akanGagal lagi! Tapi kamu akan mendapat note dari Kiefer yang memintamu ke istana. Kembalilah ke istana dan bicara dengannya. Setelah dia gabung, temui Crazy Old Man. Setelah pembicaraan panjang lebar, Kiefer akan dipaksa kembali ke istana, tapi tengah malam, ia akan muncul dan mengajak Hero ke patung di Forbidden Zone. Jangan lupa save sebelumnya (kalau mau). Kali ini usahamu sukses. Sebuah pintu akan terbuka. Tarik nafas dalam-dalam, lalu masuklah.
Turun dan jalanlah sampai kamu melihat sebuah tablet stone. Baca tulisan di atasnya lalu teruskan perjalanan sampai di suatu kamar dengan empat patung mengelilingi sebuah obor. Tujuanmu adalah membuat patung di sebelah timur bergerak, jadi berdirilah di sisi barat obor dan padamkan apinya. Patung sebelah timur akan bergerak dan segeralah lari untuk menekan tombol yang muncul. Sebuah pintu akan terbuka. Masuk, kamu akan mendapatkan Saint Helmet. Di ruangan selanjutnya, ada empat buah patung dengan sebuah pintu yang saat ini belum bisa terbuka. Turuni tangga dekat itu.
Selanjutnya, di ruangan dengan semacam timbangan, aturlah supaya pintu kedua ruangan terbuka dengan menggunakan balok putih dan tombol di lantai. Masuki pintu yang ada di ruangan sebelah kiri sebelum menutup kembali. Carilah patung singa yang menempel di dinding dengan sebuah prasasti di sampingnya. Baca prasasti itu, lalu periksa patung kepala singanya. Kamu akan mendapat sebuah kunci untuk membuka pintu yang kamu lihat sebelumnya. Ruangan selanjutnya memiliki cabang-cabang. Jalan yang benar adalah kiri, kanan, kiri, kiri.
Teruskan perjalanan sampai ke ruangan dengan patung naga dan Holy Crystal. Pindahkan kristalnya ke penyangga yang ada di sebelah kanan. Air akan surut dan menggenangi sisi lainnya. Gunakan rakit untuk menyeberang dan turunlah. Munculkan pilar-pilar dengan menekan tombol yang ada. Periksa masing-masing pilar, dan jangan sampai satu pilar menghalangi pilar lainnya. Hafalkan gambar yang kamu lihat di masing-masing pilar, lalu kembalilah ke atas. Kali ini, masukilah ruangan di sudut kanan atas. Perhatikan gambar di tablet stone, lalu geser ke tempat yang berwarna sama dengan warna pilar tempat kamu melihat sosok yang tergambar di atasnya. Pintu menuju Saint Armor akan terbuka. Untuk Saint Shield dan Saint Sword, kamu cukup bermain-main saja dengan rakit. Arahkan ke selatan, kumpulkan dua item Saint yang tersisa, lalu kembalilah ke ruangan dimana ada empat patung Saint dan sebuah pintu yang tak bisa terbuka. Tempatkan Saint item di keempat patung itu dengan urutan sebagai berikut dari kiri ke kanan: Armor, shield, helmet, dan sword. Pintu akan terbuka, dan ada save point.
Save kalau mau, lalu lanjutkan. Sebuah ruangan dengan sembilan tempat api dan obor berwarna biru dan merah menunggu-mu. Yang kamu harus lakukan adalah menyalakan api di tempat yang tepat. Untuk mengetahui tempat yang tepat itu, nyalakan saja api di tempat api yang berada di atas patung sesuai warna permata di dudukannya. Pintu akan terbuka, dan kamu kembali menemukan sebuah tablet stone. Baca tulisannya lalu ambil land shard di lantai. Jalanlah ke kanan, sampai ke ruangan kuning. Ambil shard di lantai ruangan ini, lalu periksa altar sebelah kiri atas. Masukkan kedua shard yang kamu pungut tadi di atas altar, lalu Keifer akan mengusulkan untuk kembali. Kalau kamu mau, kamu bisa mengambil world map di pintu sebelah kiri ruangan kuning ini. Tapi apapun pilihanmu, keluarlah dari ruins.
Setelah keluar, Keifer akan memisahkan diri. Kembalilah ke desa. Bolkano, ayahmu sudah kembali. Sebelum masuk rumah bicaralah pada salah seorang anak buah Bolkano yang mengatakan Bolkano menemukan sesuatu dalam jaring ketika melaut tempo hari. Temui Bolkano, dan dia akan memberikanmu land scale yang terakhir. Cobalah untuk keluar, dan Hodara akan memintamu mengembalikan Hot Stonenya. Kembalikan saja, lalu pergilah ke istana. Temui Keifer, lalu kembalilah ke Forbidden Zone. Maribel sudah menunggumu disana dan memaksamu mengajaknya. Karena cewek suka ngeyel walaupun dilarang, iyakan saja. Masuki kembali tempat kamu meletakkan land shard sebelumnya, lalu pasang shard tearkhir. Cahaya aneh akan muncul, dan kamu akan terbangun di tempat asing.
Setelah sedikit event, Maribel akan meninggalkanmu, tapi kemudian menjerit karena dihadang monster. Inilah battle pertamamu! Kalahkan monster itu, lalu teruskan sedikit. Kamu akan bertemu Matilda, seorang wanita yang sedang mengurus makam. Dia akan menyuruhmu ke desa terdekat, Rexwood di timur. Pergilah ke sana.
Di Rexwood, bicaralah pada semua orang, Salah seorang penduduk akan bercerita mengenai asal-usul nama Rexwood. Save, lalu pergilah ke rumah di utara desa. Seorang anak bernama Patrick akan menceritakan padamu apa yang terjadi disana, dan dia membutuhkan gem hijau untukmenyembuhkan ayahnya. Tujuan selanjutnya: tambang di selatan. Jangan lupa beli item dan senjata dulu.
Di dalam tambang kamu akan bertemu Matilda lagi. Setelah dia pergi, lanjutkan perjalananmu. Kalau jalanmu terhalang oleh gem, sentuhkan saja dua gem yang berwarna sama untuk memecahkannya. Di tingkat terbawah kamu akan menemukan gem hijau yang kamu cari. Matilda akan membantumu memecahkannya dan memberi Hero sebuah boneka kayu. Kembalilah ke desa dan berikan gem tadi pada Patrick. Sebagai rasa terima kasih, dia telah membayarkanmu satu kamar di inn. Malamnya, kamu akan bermimpi tentang seorang gadis kecil dan kakaknya.
Temui Patrick dan Hank, ayahnya keesokan harinya. Hank akan meminta bantuanmu membasmi monster yang menteror Rexwood. Terima permohonannya lalu berangkatlah ke menara di timur. Sebuah golem akan menghadangmu di pintu masuk. Kalahkan dia, lalu masuklah. Jalan terus sampai berhadapan dengan C. Kalahkan dia, dan Matilda akan muncul menjadi lawanmu!
Matilda tidak terlalu sulit, dan kalau kamu segan melawannya, kamu bisa kabur dan Hank akan menghajarnya sendiri. Lawan saja kalau ingin EXP. Apapun pilihanmu, kembalilan ke Rexwood setelah event.
Rezwood telah kembali normal. Temui Patrick, lalu kembalilah ke hutan tempat kamu muncul di benua ini. Sebelum pulang, kamu bisa memberikan boneka yang diberikan Matilda pada Patrick. Pergilah ke tempat awal kamu terjatuh. Ada semacam portal di-situ. Berdiri di atasnya, dan kamu akan kembali ke Ruin di Forbidden Ruins.
Keluar dari ruin dan kembalilah ke desa. Temui Molie, dan dia akan memberitahumu kalau telah ditemukan sebuah benua baru, dan Bolkano telah pergi ke istana untuk pertemuan dengan Raja. Pergilah ke Estard. Istana sedang tak bisa dikunjungi, jadi pergilah ke rumah Old Man On Cliff. Keifer ada disana. Setelah bicara dengannya, dia akan pergi dan mengatakan akan menunggumu di gua di desamu. Jadi kembalilah ke desa, dan masuki gua di tebing sebelah kiri rumahmu. Keifer dan Maribel sudah menunggumu. Angkat beberapa pot dan buka lempengan batu di lanta. Telusuri jalan sampai kamu melihat sebuah kapal yang dikenali Maribel sebagai milik ayahnya yang sudah dibuang. Bicara pada Keifer untuk mulai berlayar.
Pergilah ke utara dan mendaratlah di benua baru. Masuki kota terdekat, Rexwood. Bicara pada semua orang, dan kamu akan mengetahui kalau kejadian yang kamu dalami sebelumnya di Rexwood (Patrick, Matilda, dan Hank) adalah masa lalu.
Masuki salah satu rumah untuk menemukan fire shard. Wanita tua pemiliknya akan membeikannya padamu, tapi kamu harus menyampaikan salamnya pada suaminya yang ada di dekat kolam. Bicara padanya, dan dia akan memberitahu kalau shard itu dia temukan di colourstone mine. Karena ada kemungkinan masih ada shard di situ, pergilah ke sana. Tempat ini tidak berubah dari sebelumnya, cuma gem yang menghalangi jalan saja yang agak berbeda. Setelah mendapakatkan fire shard, kembalilah ke Estard.
Masuk ke istana, bicara pada semua orang untuk mengetahui Old Man On Cliff pergi sambil marah-marah dari ruang pertemuan beberapa saat yang lalu. Naiklah ke atap untuk memutar dan mencapai penjara tempat dia berada. Ikuti dia dan naiki rakit milik Captain. Berputarlah ke sisi lain istana, lalu pergilah ke bawah balkon kamar Leesa (adik Keifer). Masuki ruangan yang ada rak bukunya. Pecahkan kedua pot di sisinya, lalu geser lemarinya. Kamu akan menemukan fire shard terakhir. Sudah tahu harus apa, kan? Kembalilah ke ruin, dan kali ini masuki kamar merah. Susun fire shard yang kamu temukan di altar sebelah kiri atas, dan kamu akan kembali berpindah benua.
Saksikan CG sebuah gunung meletus, lalu pergilah ke Engow di tenggara. Bicara pada semua orang, terutama elder. Akan ada perayaan untuk Fire God. Kamu bisa memberitahunya tentang bencana gunung berapi yang kamu lihat sebelumnya, tapi dia tak akan percaya dan kamu disuruh menginap di inn untuk menyaksikan festival. Besok harinya, di tengah desa ada keributan. Pamela, dukun Engow meramalkan akan ada bendana kalau festival dilaksanakan. Ikuti dia dan Elder, dan sama seperti kisahmu kemarin, Elder tidak akan mempercayainya dan malah ,mengumumkan festival akan dilaksanakan malam itu. Pamela kemudian akan memintamu datang ke tokonya. Temui dia, dan dia akan mengatakan bahwa Hero mungkin bisa mencegah bencana yang mungkin terjadi itu. Dia menyaran-kanmu istirahat di inn (tenang, gratis kok).
Malamnya, saat festival dimulai, bicaralah pada Elder, lalu temui Pamela. Dia menyuruhmu bersenang-senang samapi puncak festival dimulai. Sekarang temui elder lagi. Dia di sudut kiri atas kota. Setelah mendapat obor, pergilah ke Mt. Flame di utara Engow.
Naik sampai ke atas dan bicaralah pada orang yang berdiri di depan pintu masuk gua. Elder akan muncul dan mengajakmu ke kawah. Buang obormu, lalu bicaralah pada Pamela di sisi lain kawah. Masuk ke ua di belakangnya, lalu berjalanlah sampai kamu berada di depan kawah kecil. Terjun ke dalamnya sampai kamu melihat makhluk aneh di depan semacam alat. Dia adalah Flame Giant, dan sudah pasti harus dilawan. Kalahkan dia tapi masalah belum selesai. Akan muncul Black Fire yang kemungkinan bisa menyebabkan ramalan Pamela jadi kenyataan. Kembalilah ke atas, dan bicaralah pada Pamela. Dia akan meramal secara kilat bagaimana mencegah bencana dan yang sekarang harus kamu lakukan adalah kembali ke duniamu, temui Hondara untuk mengambil Holy Water darinya dan kembali ke Mt.Flame. Tuangkan Holy Water ke Black Fire, dan Pamela akan mengatakan kalau bencana sudah lewat. Elder berterima kasih padamu dan mengajak berpesta sampai pagi. Besoknya bicaralah pada Pamela. Dia akan memberi water shard. Kembalilah ke duniamu.
Pergi ke Estard dan bicaralah pada raja. Sebuah pulau baru telah muncul, tapi Kiefer tak diijinkan bertualang lagi. Begitu juga dengan Maribel. Bolkano mengajak Hero pulang dan mengatakan bahwa dia tak keberatan kalau Hero masih mau bertualang walaupun sendirian. Pergilah tidur. Maribel menunggumu di luar rumah esok paginya. Dia berhasil membujuk ayahnya supaya bisa tetap bertualang. Pergilah ke gua tempat kapalmu ditambatkan. Karena kurang orang, lempengan batunya tidak bisa digeser. Keluarlah dari gua dan Keifer akan datang dan gabung. Kembali ke kapalmu, dan berlayarlah ke benua baru di utara.
Masuklah ke Engow. Bicara pada tiap orang, Kamu bisa ketemu dengan keturunan Pamela yang bernama sama. Mengenai kemapuan meramalnya, bisa kamu coba dengan membantu menanyakan barang milik seorang anak kecil yang hilang (musti bayar 5 gold).
Pergilah ke Mt.Flame untuk mengambil shard di salah satu peti, lalu kembalilah ke ruin untuk memasukkan shard di altar kiri atas ruangan biru.
Tempat pendaratan selanjutnya adalah pulau kecil. Masuki satu-satunya desa yang ada, Dialac. Penghuni desa ini semuanya berubah jadi batu, kecuali seorang tua di utara desa. Bicaralah padanya untuk menerima Angel Tears, lalu menginaplah di inn. Malamnya Hero akan terbangun karena mendengar suara-suara. Keluar dari inn dan periksalah semua patung. Mereka akan 'menceritakan' apa yang terjadi sebelum mereka menjadi batu. Patung yang menghalangi sebuah rumah akan pecah setelah kamu memeriksanya. Masuki rumah itu dan periksa salah satu lemarinya untuk menemukan catatan Yoseph, anak pemilik rumah yang telah menemukan lubang rahasia. Periksa tempat yang dia maksud, lalu bicaralah pada orang tua yang tadi, dan kembalilah ke inn.
Kembalilah ke lubang rahasia yang ditemukan Yoseph (di dekat pohon sekitar tebing yang bertanda tulisan Yoseph). Masuki lubang itu dan telusuri jalannya sampai kamu mencapai cerobong batu di tengah desa. Gunakan Angel Tears di sini. Seorang anak akan muncul dari sebuah lubang lain. Bicaralah padanya, lalu ajak dia menemui si orang tua. Jangan lupa periksa lubang tempat anak tadi muncul. Ada Land shard di dalam salah satu pot.
Kembali ke masamu, dan berlayarlah ke benua baru. Dialac, kota mati tadi sudah tidak ada. Hanya ada seorang tua yang memintamu memberitahu jika ada orang yang mau berimigrasi ke situ, dan sebuah wind shard. Ambil dan lengkapi altar kiri atas di kamar hijau. Tempat baru menanti Anda^^
Masuki Orph, kota yang dipenuhi binatang. Periksa semua rumah. Di dalam kandang, kamu akan melihat seorang anak kecil yang lehernya terikat di tembok. Setelah event, kembalilah ke masamu, temui Lumberjack dan bawa dia ke Orph. Dia tidak bisa mengerti bahasa para binatang disana. Cobalah bicara pada manusia yang ada. Kamu akan mengetahui bahwa para binatang sebenarnya adalah manusia, dan manusia adalah binatang. Tertukar oleh kutukan monster yang tinggal di gunung. Setelah bicara pada semua binatang berwujud manusia, kembalilah ke kandang yang ada anak kecilnya. Lumberjack akan membebaskannya dan anak itu akan pergi.
Keluar dari kota dan jalanlah ke utara, ke gunung. Anak tadi ada disana. Susul dia sampai ke sebuah gua dengan pilar-pilar aneh diepannya. Sebelum masuk gua, teruslah sedikit. Kamu akan menemukan gua dengan peti berisi water shard. Masuki gua dengan pilar di depannya, dan bersiaplah untuk menghadapi Deathpal. Dan karena gua ini ada anti-magicnya, persiapkan heal item sebanyak mungkin. Setelah kalah, Deathpal akan masuk kembali ke dalam makam. Bantu Lumberjack menutupnya, lalu kembalilah ke Orph yang sudah pulih. Setelah sedikit event, kembalilah ke masamu. Gabo, anak kecil tadi akan gabung denganmu.
Seperti biasa, pergilah ke benua baru. Sekali lagi kamu akan melihat Orph dipenuhi binatang yang ternyata penduduk desa yang sedang mengadakan festival. Bicara pada kepala desa untuk mendapat pinjaman kostum. Ikuti lomba di town square untuk mendapatkan Monster Book. Setelah puas, pergilah ke gunung tempat kamu dulu melawan Deathpal. Waktu kamu mendekati peti mati tempat dia disegel, akan ada suara mengancam. Cuekin saja, dan kamu akan bertemu Deathpal yang telah menjadi manusia. Dia akan menyihir Gabo sehingga bisa bicara, dan memberimu water shard. Dengan ini, altar kanan atas di kamar biru siap membuka gerbang baru ke masa lalu.
Begitu mendarat, pergilah ke kota terdekat, Falrish. Keliling dan bicaralah pada semua orang untuk mengetahui situasi yang sedang genting. Setelah puas (jangan lupa save), pergilah ke barat, Falrod. Sekali lagi bicaralah pada semua orang. Jawab 'yes' saat ditanya apakah kamu bersedia jadi tenaga bantuan disitu. Akan ada tes kecil melawan Folraider. Dia cukup kuat, jadi pastikan levelmu cukup. Setrelah menang, kamu disuruh menghadap raja, kemudian briefing. Trad, komandan pasukan akan minta saran darimu dan anak buah lainya. Bicara pada mereka, kemudian pada Trad. Seorang prajurit menyarankan Zebott, tapi Trad tampaknya kurang senang. Kamu akan disuruh menemui Zebott. Dia tinggal di barat Falrod. Tapi dia akan menolak membantu, jadi kembalilah ke Falrod. Setelah event, Trad mengajakmu kembali ke tempat Zebott. Zebott masih menolak, tapi kemudian setuju setelah ada robot musuh nyasar ke tempatnya.
Kembali ke Falrod, musuh telah menyerang. Bicara pada penjaga yang berjaga di gerbang, lalu bersiaplah melawan 3 robot musuh. Setelah kalah akan muncul musuh baru lagi. Jangan khawatir, kamu tidak perlu melawannya karena Trad dan Zebott akan datang dengan robot yang bisa membuat para robot musuh mandeg. Akan ada briefing, dan besoknya bicaralah pada semua orang, lalu Trad untuk memulai penerbuan ke markas musuh.
Markas musuh ada di timur. Cobalah untuk turun. Seorang prajirit akan menghalangimu, lalu setelah Trad muncul dan Zabott mengacau musuh, masuklah ke gua yang ada. Teruskan sampai bertemu Machinoid. Kalahkan dia, lalu kalahkan Evilmech. Ambil fire shard di peti dekat situ, lalu kembalilah ke Falrish. Akan ada event, lalu pergilah ke Falrod untuk menerima penghargaan dari raja. Kembalilah ke masamu.
Pergilah ke Falrish dan temui Armand, seorang jago pedang yang dulu pernah mengajari raja. Selanjutnya, temui raja di Falrod. Dia sedang berusaha menghidupkan robot-robot yang ada. Setelah bicara sebentar, seorang prajurit muncul dan mengatakan ada temuan penting di barat. Pergilah ke sana, rumah Zebott. Zebott sudah lama meninggal, tapi Eri, robotnya masih berfungsi. Waktu akan keluar, raja tiba dan mengambil Eri. Kembali ke istana, Armand yang menentang penelitian akan dijebloskan ke penjara. Temui dia di sana, lalu pergilah ke Falrish. Bicara pada cucu Armand, lalu galilah di tempat yang diberitahu anak itu (di bawah tong yang di dekatnya ada anjing berkeliaran). Setelah menemukan onderdil yang diperlukan Armand, temui dia lagi di penjara, lalu pergilah ke laboratorium di depan istana. Setelah event, Eri akan dikembalikan ke rumah Zebott. Ambil fire shard di gudang belakang rumah Zebott, lalu temui Armand di Falrish. Bicaralah pada cucunya untuk mendapat fire shard. Kembali ke ruin, saatnya main puzzle lagi di altar kanan bawah kamar merah.
Note : Markas musuh di masa ini kosong, tapi di depannya ada seorang peramal. Kalau kamu kesulitan menemukan shard, pastikan bicara padanya.
Seperti biasa, pergilah ke kota terdekat, Verdham. Kota ini senasib dengan Dialac: semua penduduknya berubah jadi batu. Tapi bedanya, Rainmaker, biang kerok penyakit membatu ini masih ada di atap salah satu rumah. Tunggu apa lagi? Habisi dia. Setelah dia KO, gunakan Angel Tears untuk memulihkan penduduk kota. Semua orang, kecuali seseorang bernama Pepe akan pulih kembali.
Turunlah dari atap, dan setelah keluar rumah kamu akan melihat keributan di taman kota. Masuklah ke taman lewat pintu belakang dan saksikan sedikit event.
Masuklah kembali ke rumah Borlock. Dengarkan petengkaran Iwan dan Kaya di lantai 2. Setelah Iwan pergi, bicara pada Kaya, lalu temui Linda di lantai 2 toko item. Bicara padanya, lalu Iwan, kemudian temui ayah Pepe. Dia akan memintamu mencarikan obat untuk anaknya. Obat yang dimaksud bisa kamu dapat-kan di Pamela (ingat dia?). Gunakan portal waktu untuk mengunjungi Engow (masa lalu. Bukan masamu), dan temui Pamela di rumah elder. Setelah mendapatkan obat yang dimaksud, kembalilah ke Verdham, dan berikan obatnya pada Pepe. Kamu akan diundang menghadiri pesta syukuran.
Di pesta, bicaralah pada semua orang. Cari Pepe di sudut kanan atas kota. Dia sedang bicara dengan Kaya, lalu akan pergi. Bicaralah pada Kaya, lalu pada Bolrock. Saat Borlock akan mengumumkan sesuatu, hujan turun, dan pestanya bubar. Karena ini hujan biasa, jangan cepat-cepat berteduh dulu. Periksa tempat Pepe dan kaya tadi bicara untuk melihat Pepe dan Linda bertengkar, dan berakhir degan perginya Pepe. Susul dia ke gerbang kota untuk menerima salam perpisahan darinya.
Besok harinya, kumpulkan informasi dari orang-orang kota tentang adanya shard di gua di utara. Lengkapi kebutuhanmu, lalu pergilah ke sana. Di akhir dungeon ini kamu akan mendapatkan dua buah wind shard setelah melawan Cavemon dan dua ekor Jewelbas. Kembalilah ke masamu, dan jalanlah ke arah barat laut Engow untuk mencapai daerah baru.
Kota Verdham sudah tak ada di masamu. Yang tersisa hanya reruntuhan taman dan sebuah wind shard. Ambil shardnya, lalu pergilah ke arah timur. Ada kota Mentare. Bicaralah pada semua orang, lalu pergilah ke utara kota untuk mengunjungi Geionne Monastery. Jangan lupa periksa semua peti dan vas, karena ada land shard disini. Setelah puas, kembalilah ke ruin dan lengkapi altar kiri bawah di ruangan hijau.
Dari portal, pergilah ke barat sampai menemukan perkemahan suku Deja. Suku ini sedang mengadakan upacara memilih penari untuk dewa mereka. Bicara pada semua orang, lalu pada orang yang menjaga tenda besar. Setelah event, hampiri Keifer. Kelihatannya dia ada hati sama Layla, penari baru suku Deja. Temui Layla di tendanya, lalu bicaralah pada Keifer. Ambil anggur di ujung perkemahan. Keifer akan memberikannya pada Layla. Susul Keifer ke dalam tenda. Jann, tunangan Layla akan muncul dan ribut-ribut karena cemburu. Untunglah perkelahian bisa dihindari. Hero akan tertidur dan terbangun menjelang pagi karena suara perkelahian. Keluar dari tenda dan saksikan event. Karena ayah Layla terluka, Layla akan menyusul rombongan belakangan. Keifer tinggal untuk menemaninya.
Rombongan Deja pergi ke aarah barat, jadi susul mereka. Mereka berkemah
di dekat pegunungan sebelah barat (melewati dua jembatan). Ada kuil di tengah jalan kalau kamu berminat menge-save. Setelah mencapai perkemahan, masuki salah satu tenda dan bicara pada perempuan yang ada di dalamnya untuk istirahat. Waktu bangun esok harinya, rombongan sudah siap untuk melanjutkan perjalanan. Kali ini ke selatan, di tepi danau tempat kuil dewa mereka berada. Ikuti mereka dan bicaralah pada semua orang. Beretta akan memintamu menemani Jann ke dalam gua. Gua ini agak menyebalkan karena kadang kita seperti berputar-putar, tapi jangan khawatir. Gunakan saja peti harta sebagai patokanmu. Setelah menaruh Terra Bell, keluarlah dari gua. Air danau sudah surut dan para Dejan sudah berkumpul di pintu kuil. Saksikan event panjang plus CG, lalu kembalilah ke gua.
Kembali ke perkemahan pertama, kamu akan terbangun dan melihat Keifer dan Datz berkelahi. Kalau mencoba melerainya, Keifer akan menyuruhmu jangan ikut campur, dan dia akan mengalahkan Datz. Ternyata Kiefer memutuskan untuk menetap bersama Dejan. Menurutnya, inilah jalannya. Dia akan mengantarmu sampai ke portal dan menitipkan pesan untuk ayahnya. Keifer tidak akan bergabung lagi setelah ini, tapi jangan takut. Dia akan memberikan semua equipment dan itemnya padamu.
Setelah kembali ke duniamu, temui raja untuk menyampaikan salam terakhir Keifer. Setelah marah-marah dan mengungkapkan kekecewaannya, dia akan memberimu water shard untuk altar kiri bawah di kamar biru. Sebelum melengkapinya, sekedar informasi, wilayah baru yang muncul adalah tempat pengalian purbakala. Ada tengkorak hewan raksasa bertanduk dipamerkan di sana, dan di sumurnya ada shard.
Dari portal kali ini, pergilah ke timur laut. Ada penginapan berserta segala macam toko. Menginaplah semalam, save, lengkapi keperluanmu, dan kumpulkan informasi. Setelah siap, berangkatlah ke Dharma di barat laut. Di Dharma, kita bisa mengubah class kita. Bicaralah pada pendeta di tengah kuil untuk mengubahnya. Tentukan ingin menjadi apa, lalu masuklah ke kolam di belakang pendeta itu untuk...terjun bebas ke Penal setelah semua skill dan sihirmu dihisap habis. Ternyata kuil Darma dibajak monser.
Penal dipenuhi orang-orang yang tertipu oleh pendeta palsu, seperti Hero. Berkelilinglah, lalu setelah event pemunculan moster, kamu akan ditantang oleh Suifu. Karena kamu tak akan bisa menang, pasrah sajalah. Kamu akan terbangun di rumah Neris dan Zaji sepasang adik-kakak dengan adik yang sister complex. Bicaralah pada Neris, lalu keluarlah. DI kota ini dijual Thieves Key yang bisa membuka peti item yang terkunci. Jangan lupa untuk membelinya.
Di salah satu sudut kota, kamu bisa melihat Flower dan Kasim tengah bernegosiasi. Setelah Kasim pergi, Flower akan mengajakmu kabur menyelamatkan pendeta Darma yang sesungguhnya. Terima tawarannya, lalu berangkatlah ke gua di barat Penal.
Gua ini tidak begitu sulit, tapi masalahnya ada di ujung. Penjaga gua ini sangat kuat, dan rencana Flower mengepung mereka gagal, jadi kamu harus melawan mereka berdua, dan dijamin KO. Sekali lagi, kamu akan tersadar di rumah Neris. Bicaralah pada teman-temanmu. Maribel akan merutuk Flower habis-habisan. Keluarlah, lalu susul Neris dan Zaji keluar. Mereka akan bertengkar, lalu Zaji akan lari, disusul oleh Neris. Kejar Zaji ke bar. Setelah dia keluar, cobalah menjauh dari bar. Akan ada keributan, dimana seorang prajurit menyerang orang-orang supaya bisa bebas dari situ. Zaji melindungi Neris dan terkena. Setelah event ini, bersiaplah untuk ke gua di barat tadi sekali lagi. Kali ini kedua monster penjaga tidak ada dan kamu bisa meneruskan ke Mountain Hut.
Setelah bicara pada pendeta di salah satu rumah, temui Flower dan Kasim di sebelah timur, depan gua. Masuk, dan ikuti jalan sampai kamu bertemu Pendeta Darma yang sesungguhnya, Fosse. Karena dia dikurung dengan barrier khusus, kamu harus menghancurkan sumber energinya. Naiklah ke atas, lalu jatuhkan dua balok putih ke sudut kiri bawah dan kanan atas, tepat diatas sumber energinya. Barier akan leyap, dan Fosse bebas. Tapi masalah belum beres, karena dua sejoli dari gua muncul. Kalahkan mereka, lalu bawa Fosse ke Mountain Hut.
Di Mountain Hut, ada kejutan: Zaji muncul, tapi Neris akan bertingkah aneh. Bicara pada Fosse untuk menerima Darma Key, lalu kembalilah ke gua. Kali ini ambil jalan ke kanan. Fosse, Kasim dan yang lainnya menunggu di depan sebuah pintu. Neris akan meminta kuncinya padamu. Tolak, dan kedoknya akan terbongkar. Dia adalah Maneater yang menyamar. Habisi dia, saksikan event, dan lanjutkan perjalanan sampai kamu mencapai semacam altar besar. Berdiri di atasnya akan mengembalikan ability dan sihirmu. Teruskan sedikit lagi, dan kamu akan mencapai coloseum, dimana Neris ikut berpartisipasi. Bicaralah pada semua orang, lalu masuk ke kamar yang di depannya ada bunny girl. Zaji memaksa Neris berhenti, tapi tak digubris. Kejar Zaji, dan setujui ajakannnya untuk bergabung. Untuk memulai pertandingan, bicara saja pada monster yang berjaga di pintu arena. Kamu akan bertanding 6 kali nonstop, jadi persiapkan diri sebaik mungkin. Setelah menang, kamu akan di zinkan keluar dari situ, tapi Zaji mengkhawatirkan Neris dan akan memkasa kembali. Kalau kamu menyusulnya, Kasim akan menyuruhmu segera pergi. Lanjutkan perjalananmu. Di tengah jalan, Fosse akan bergabung. Pergilah ke tempat pendeta Darma palsu. Dia akan berubah menjadi Antoria, dan sudah tentu harus dilawan. Setelah menang, Dharma Temple akan bebas, dan kamu bisa mengubah class dengan biara pada Fosse.
Kunjungilah Dharma Temple di masamu. Tidak banyak yang berubah disini. Dari pembicaraan orang-orang, kamu bisa dapat info tentang kota bernama Mezar di daerah tenggara. Kamu bisa kesana untuk mendapat shard dalam sumur, tapi tidak wajib. Kelilinglah sampai puas, (jangan lupa periksa semua tempat item, karena ada shard disini) lalu pergilah ke reruntuhan Penal. Ada seorang pendeta tergeletak di tanah. Periksa dia, tapi tak ada gejala dia akan bangun, jadi tinggalkan dia. Dia akan bangun dan protes kenapa kamu mendiamkannya. Ternyata dia adalah gerombolan perampok dan memanggil teman-temannya. Kalahkan mereka, lalu cepat kejar dedengkotnya! Dia kabur ke gua di barat. Kalau kamu kehilangan dia di world map, kamu harus kembali ke reruntuhan Penal dan bicara padanya lagi.
Di depan markas para perampok, dengarkan password untuk masuk ke dalam gua, lalu pilih itu saat ditanya penjaga. Di dalam, masuklah ke kamar paling ujung. Pria kecil di sana adalah kepala perampok. Kalahkan dia untuk mendapat land shard terakhir untuk altar tengah di ruang kuning.
Kali ini kamu sampai di padang pasir. Masuklah ke istana di utara. Istana ini kosong, tapi jika kamu meneruskan sampai ke basement, seorang laki-laki bernama Hadeet. Dia menyuruhmu keluar dari situ dan menuju Dune di timur. Pergilah ke sana. Bicara pada orang di tengah desa untuk save, lalu temui Zarathustra, kepala desa. Dia mengizinkanmu menginap. Naiklah ke tingkat dua, dan esoknya bicaralah lagi dengan Zarathustra. Dia akan menceritakan kalau ratu mereka menghilang, dan sejak itu kehidupan Dune dan sekitarnya kacau balau. Dia juga melarangmu kembali ke istana. Tapi karena kalau menurut permainan tidak akan maju, langgar larangan itu. Kamu akan bertemu Bone Rider di basement. Kalahkan dia, lalu kembalilah ke Dune bersama Hadeet. Bicaralah pada Zarathustra, lalu dia akan memberikan Dune Charm Tinjukkan ini pada semua penduduk kota. Mereka akan bercerita tentang Tyrannos, hewan legendaris pelindung wilayah padang pasir itu. Hadeet pergi untuk mencari tahu tentang Tyranno di timur. Susul dia, lalu kembalilan ke masamu.
Kunjungi tempat penggalian yang memamerkan tengkorak makhluk bertanduk. Ahli purbakala di sana sedang frustrasi karena tak bisa mengungkapkan makhluk apa itu. Bicaralah padanya, lalu tunjukkan Dune Charm. Dia akan memberikan tengkorak itu padamu asal dia diizinkan ikut. Setuju saja, lalu keluarlah dari tempat penggalian.
Kembali ke masa lalu, sebelum ke Dune, mampirlah ke istana. Ahli purbakala kita akan keasyikan dan mengizinkan kita pergi membawa tengkorak Tyrannos. Kembalilah ke Dune. Suasana disana sedang suram karena Zarathustra koma dan Hadeet sebagai penerusnya belum kembali. Bicara pada semua orang, lalu pada istri Zarathustra. Waktu kamu akan keluar dari rumah, Hadeet kembali. Susul dia ke atas. Setelah kamu keluar dari kamar, Hadeet akan menyusul dan mengatakan bahwa ayahnya sudah meninggal. Bicara padanya di lantai 1, dan akan ada event pemakaman Zarathustra di sungai Nila esok harinya. Setelah peti Zarathustra dihanyutkan, bicaralah pada Hadeet. Dia menyuruhmu menghanyutkan tengkorak Tyrannos di sana. Setelah kamu hanyutkan tulang itu, ada CG event kebangkitan Tyrannos. Dengan bantuan tunggangannya, tak ada problem lagi untuk membebaskan ratu. Bicara pada Hadeet untuk pergi ke tempat patung Demon Lord.
Di depan patung Demon Lord ada seorang wanita pingsan. Bicara padanya lalu kalahkan musuh yang muncul. Setelah kamu menang, wanita tadi akan menyembuhkan lukamu dan memintamu menolong ratu. Masuklah ke dalam patung.
Baca tablet stone di ujung ruangan. Disini ada lima pintu yang tertutup, dan terbuka satu demi satu kalau kamu memecahkan puzlenya. Yang pertama harus kamu lakukan adalah, taruh Dune Charm di situ untuk membuka salah satu pintu, lalu secara berurutan letakkan patung singa, kura-kura, burung dan ular di pintu lainnya yang terbuka. Setelah pintu ditengah terbuka, naiklah dan teruskan sampai bertemu Ratu Fedel. Dia akan menyembuhkan lukamu dan kamu bisa melanjutkan ke lantai berikutnya. Di lantai selanjutnya, kamu harus berjalan melewati lantai yang 'nyetrum' karena ini satu-satunya jalan yang aman. Lantai yang nggak nyetrum akan jadi perangkap dan mengirimmu ke lantai sebelumnya. Sebelum mencapai puncak, kalahkan monster yang mengancam para wanita, lalu naiklah ke tingkat terakhir dan lawanlah Seto. Setelah Seto KO, Ratu Fedel akan memintamu mencabut permata di mata patung. Begitu dicabut, seluruh patung runtuh dan rombonganmu akan hanyut di Nila dan diselamatkan para penduduk Dune. Setelah event, kamu diizinkan mengambil harta di gudang Dune (ada shard!) dan kamu sudah bisa kembali ke masamu. Jangan lupa untuk mengunjungi si ahli arkeologi di istana. Ternyata dia memutuskan tinggal disitu dan menyuruhmu mem-beritahu anak buahnya yang menjaga tempat penggalian, serta memberikan paket padanya.
Setelah kembali ke masamu, pergilah ke tempat penggalian dan berikan paket tadi pada si penjaga. Dia akan mengizinkanmu masuk tempat penggalian dan memungkinkanmu mengambil shard dari dalam peti. Kamu juga bisa mengunjungi wilayah padang pasir. Rupanya disana sudah berkembang legenda tentang kepahlawananmu. Jadi begitu memasuki istana, kamu akan disambut sangat hangat oleh ratu dan para penduduk. Setelah event, pergilah ke Dune dan ambil shard dari dalam pot raksasa di tengah kota. Altar sebelah kiri bawah di ruang kuning adalah tiket perjalanan selanjutnya.
Dari portal, berjalanlah ke barat untuk menemukan sebuah inn. Bicara pada semua orang untuk mengetahui ada yang aneh dengan penduduk kota Krage di barat. Kunjungi tempat itu, yang ternyata memang aneh. Semua orang, kecuali walikota menganggap dirinya Demon Lord. Bicaralah pada orang berjubah hitam, lalu temui walikota. Dia memintamu pergi ke Holy Tree di utara kota. Pergilah kesana dan periksa rumah yang ada untuk melihat seorang gadis tidur. karena dia tifdak bangun-bangun, kembalilah ke desa. Beberapa orang merencanakan menebang Holy Tree. Susul mereka, dan setelah sedikit adegan, bersiaplah melawan orang berjubah hitam. Setelah kerusuhan bubar, bawa gadis misterius ke rumahnya. Dia berterima kasih padamu dan mengizinkanmu menginap di rumahnya.
Paginya, dia merasa tak enak badan dan memintamu mengambilkan Holy Tree Dew dengan vas yang ada di rumahnya. Penuhi permintaannya. Dia akan memberitahu Holy Tree Dew mungkin bisa menyembuhkan para peduduk Krage. Tapi mereka semua menolak kalau kamu mencoba memberikannya, kecuali walikota. Dia menyarankan menuang Holy Tree Dew ke sumur, tapi kamu akan dihalangi oleh orang berjubah hitam dan penduduk desa. Laporkan pada walikota, dan kali ini dia menyarankan lewat saluran air bawah tanah, yang berawal di Holy Tree. Tunggu apa lagi? Pergilah ke sana. Gadis yang ternyata adalah elf itu akan menunjukkan jalan untuk mencapai sumber air Kraze, yaitu lewat bawah Holy Tree. Telusuri jalan bawah tanah yang agak ruwet ini sampai kamu bertemu monster yang membuat air jadi kacau. Kalahkan dia, gunakan Holy Tree Dew lalu naiklah ke atas. Orang-orang sudah pulih, dan orang berjubah hitam menunjukkan wujud aslinya, yaitu Wolf Devil. Bunuh dia, lalu laporkan kesuksesanmu pada walikota. Dia menyuruhmu menginap semalam, lalu esoknya menyampaikan pesan dari gadis elf. Dia ingin menemuimu. Sebelum meninggalkan kota, bicaralah pada seorang petani untuk mendapat shard. Temui si gadis elf, lalu kembalilah ke masamu.
Kunjungi Krage di masa ini untuk mendapatkan shard di rumah orang paling kaya disana (masuk lewat pintu belakang dan turun ke ruang bawah tanah. Seorang pelayan menyuruhmu membereskan boto, di gudang. Buka peti di ruang satunya lagi untuk shard-nya). Holy Tree di utara kota sekarang dikenal sebagai World Tree. Ada shard di depannya. Ambil, dan kamu siap mengaktifkan altar tengah di ruang merah.
Setelah berpindah, pergilah ke kota Litorud di utara. Setelah save dan melengkapi kebutuhanmu, masuki rumah Creyney di sebelah kiri pintu masuk kota. Bicaralah pada orang-orang disitu, lalu bicaralah pada semua orang di kota. Mereka sedang semangat membicarakan peresmian jembatan di utara kota. Ingat-ingatlah pembicaraan dan kegiatan mereka saat ini. Setelah puas, pergilah ke utara tempat jembatan berada dan bicara pada semua orang. Penjaga menyuruhmu kembali besok, jadi kembalilah ke Litorud dan menginaplah di inn. Tapi waktu kamu bangun esok harinya, ada yang aneh. Cobalah bicara pada orang-orang kota. Semua kejadian kemarin sepertinya terulang. Pergilah ke tempat jembatan, bicara pada semua orang, lalu kembalilah menginap di inn. Jangan frustrasi dan mematikan PSmu karena kamu akan kembali mengulangi hari yang sama. Kali ini tak perlu memastikan lagi dan segeralah pergi ke jembatan. Penjaga disana mengatakan kalau Baloch sang arsitek juga merasakan hal yang sama. Jelas ada yang tidak beres, kan? Segeralah ke timur, studio Baloch.
No comments:
Post a Comment